Rabu, 07 Juli 2010

Massenrempulu

Sejarah Massenrempulu merupakan salah sejarah yang nyaris terlupakan oleh generasi muda, pada hal Masserenpulu turut memberikan andil yang besar dalam sejarah perjuangan bangsa. salah satu penyebab sehingga sejarah Massenrempulu tidak begitu terkenal disebabkan karena kurangnya publikasi terhadap hasil perjuangan Pahlawan Massenrempulu.
Satu hal yang harus dipahami bahwa dari daerah lerung Gunung Latimojong yakni (Massenrempulu) juga memiliki para pejuang yang gagah berani melawan penjajah kolonial Belanda pada waktu itu, karena para pejuang itu sadar bahwa untuk bisa mendapatkan kehidupan yang layak hanya dengan Merdeka dan sangat tidak mustahil mendapatkan kemakmuran kalau kita terus berada dalam genggaman bangsa penjajah. berdasar dari itulah sehingga di Massenrempulu juga terjadi perlawanan yang hebat untuk mengusir kaum penjajah. ketika Belanda menyerah terhadap tentara Jepang, kemudian Jepang melancarkan ageresinya, pejuang dari Massenrempulupun tidak tinggal diam, mereka bahu-membahu berjuang bersama rakyat untuk membebaskan bumu Massenrempulu dari tangan Penjajah Jepang.
Pada dekade akhir ini pemuda, kaum cendikiawan, kaum budayawan menyadari bahwa sejarah Massenrempulu harus kita angkat, disisi lain yang menjadi perhatian bagi mereka adalah Legal Status Massenrempulu sebagai satu ETNIS, karena sampai sekarang orang Massenrempulu masih mengikut kepada ETNIS BUGIS, pada hal dari sisi Bahasa, Budaya, sangatlah berbeda dengan ETNIS BUGIS, Massenrempulu memiliki bahasa Daerah Sendiri, memiliki budaya sendiri, memiliki adat sendiri yang sangat berbeda dengan adat dari Bugis.
Memang seharusnya Massenrempulu harus diakui sebagai satu ETNIS di Sulawesi Selatan. karena persyaratan untuk dikatakan sebagai satu Etnis semua di miliki oleh Massenrempulu, olehnya itu saya pribadi menyamapaikan kepada siapa saja yang membaca tulisan ini marilah kita memberikan pengakuan secara peribadi kepada SUKU MASSENREMPULU sebagai salah satu suku di SULAWESI SELATAN.

1 komentar:

  1. marilah kita sama sama mengangkat nama MASSENREMPULU, karena kalau bukan kita siapa lagi n kalau bukan sekarang, kapan lagi ..........
    MASSENREMPLU TANA RI GALLA TANA RI ABBUSUNGGI

    BalasHapus

 
Massenrempulu © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates